Pengertian E-mail
E-mail adalah surat melalui media elektronik.Sebenarnya email merupakan singkatan dari “Electronic mail”. Melalui email kita dapat mengirim surat elektronik baik berupa teks maupun gabungan dengan gambar, yang dikirimkan dari satu alamat email ke alamat lain di jaringan internet. Apabila kita mengirim surat melalui email kita dapat memperoleh beberapa manfaat .Antara lain, dengan menggunakan email surat (informasi) yang kita kirim ke alamat email lain akan secara langsung diterima, selain itu biaya yang kita keluarkan cukup murah. Kita juga bisa membaca berbagai berita dan pengetahuan tapi asalkan kalian harus mampu menguasai Bahasa Inggris. Oleh karena itu, berita itu yang selalu ditampilkan dengan menggunakan Bahasa Inggris. Sebuah alamat email biasanya memiliki format semacam username@host.domain.Saat ini ISP yang menyediakan layanan pembuatan email secara gratis adalah yahoo, plasa, hotmail. .Sebagai contoh kita membuat email melalui yahoo.com. Langkah-lagkahnya sebagai berikut : 1. Kita buka program intertnet explorer 2. Kita tulis www.yahoo.com di URL dari internet 3. Untuk membuat email baru secara gratis kita klik “Sign Up” 4. Setelah muncul formulir pendaftaran email, kita isi formulir tersebut secara lengkap 5. Jangan lupa kita harus menuliskan yahoo id dan password untuk pengamanan email kita 6. Selain itu kita harus menuliskan verifikasi email 7. Beri tanda centang pada pernyataan ” I Agree” 8. Klik “Submit” 9. Tunggu beberapa saat kita akan mendapat pesan selamat datang dari yahoo. Melalui langkah-langkah di atas kita sudah dapat memiliki sebuah email secara gratis dan mudah.Dalam mengirim email kita dapat melampirkan file-file yang kita butuhkan. Dengan cara : 1. Buka email kita 2. Klik compose atau tulis 3. Sebelumnya kita tulis subject dan untuk siapa email itu akan dikirim. Dalam tampilan compose terdapat “CC” yang berarti alamat tambahan 4. Klik attachment file bila kita ingin melampirkan file 5. Setelah muncul tampilan attachment file, kita pilih file mana yang akan kita lampirkan 6. Klik attach file 7. Klik continue message 8. Klik Send beberapa email yang terkumpul dalam suatu group disebut mailing list.
Di ambil dari google (elbertasia.wordpress.com )
















Pertanyaan Terselesaikan
Lihat lainnya »
Pengertian e-mail lokal apa sih?
2 tahun lalu
Lapor Penyalahgunaan
by antirusu...
Anggota sejak:
12 Mei 2008
Total poin:
457 (Tingkat 2)
Tambahkan ke Kontak Saya
Blokir Pengguna
Jawaban Terbaik - Dipilih oleh Suara Terbanyak
Dalam pengertian awam, email lokal bisa bermakna email yg dibatasi pemakaiannya hanya untuk satu kantor/sekolah atau lembaga tertentu saja, atau khusus di Local Area Network. Email lokal ini tidak bisa digunakan untuk berkirim email di dunia internet yg lebih luas (misalnya ke yahoo atau gmail). Mengapa?Biasanya mail dibuat pada satu private network yang servernya menggunakan IP address lokal dan menggunakan Domain Name System (DNS) yg tidak baku. IP address dan DNS di internet diatur oleh lembaga yg namanya IANA (Internet Assigned Numbers Authority). Local Area Network dan dan internet itu biasanya dihubungkan oleh satu sistem yg biasa disebut firewall. Nah si firewall inilah yg membatasi mana yang lokal dan mana yang publik (internet)Contoh IP address lokal: 192.168.0.1, 172.16.4.20, 10.0.0.254Contoh domain yg baku: yahoo.com, mit.edu, slashdot.orgContoh penggunaan domain untuk lokal: kantorgw.local, divisiit.0, cabang.1Pengertian lain tentang local mail bisa dipelajari di sini:http://tools.ietf.org/html/rfc2033
materi referensi:
RFC 1918: http://www.faqs.org/rfcs/rfc1918.htmlIANA: http://www.iana.org/http://en.wikipedia.org/wiki/E-mail


Di ambil dari google ( id.answers.yahoo.com )







































PENGERTIAN EMAIL & CARA PEMBUATAAN EMAIL BARU
Written by SUTAN WIDI FATHU RAMDA FAHMI on December 21, 2009 – 9:12 am
1. Pengertian EmailSurat elektronik (disingkat ratel atau surel atau surat-e) atau pos elektronik (disingkat pos-el) atau nama umumnya dalam bahasa Inggris “e-mail atau email” (ejaan Indonesila: imel) adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur Internet. Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko), tetapi surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan Internet.
2.kelebihan penggunaan emailNyamanUntuk mengirim surat tidak perlu ke kantor pos, cukup duduk di depan komputer yang terhubung Internet dan ketik pesan lalu dikirim ke alamat tujuan. Bahkan sekarang inie-mail bisa dikirim melalui media komunikasi mobile seperti ponsel dan PDA (Personal Assistant Data).CepatHanya dengan hitungan detik e-mail dapat dikirimkan ke belahan dunia manapun.MurahBiaya pengiriman relatif sangat murah dibandingkan penggunaan telepon atau surat, terutama jika mengirim surat atau interlokal ke luar daerah atau luar negeri.Hemat sumber dayaKita tidak perlu membeli kertas, pulpen, atau memboroskan tinta printer untuk digandakan lalu dikirimkan ke beberapa orang sekaligus yang tidak sedikit mengeluarkan biaya.
GlobalE-mail bisa digunakan oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja sebagai sarana komunikasi di seluruh penjuru dunia.ReliabelKita bisa menyimpan e-mail di server yang tidak akan hilang kecuali dihapus.Pesan multimediaPesan yang dikirim tidak hanya sekedar teks (tulisan) saja. Isi e-mail dapat berupa gambar, foto, video, program, bahkan suara.KELEMAHAN PENGGUNAAN E-MAILSalah kirimBila sebuah e-mail yang berisi dokumen-dokumen penting salah alamat, maka ada kemungkinan dokumen tersebut disalahgunakan.Rawan penyadapanAda kemungkinan e-mail disadap oleh oknum tertentu, sehingga dibutuhkan kehati-hatian dalam mengirimkan pesan rahasia.
Pemalsuan identitasKita tidak bisa memastikan identitas seseorang hanya dengan mengetahui alamat e-mail yang dimilikinya.Kebanjiran e-mailHal ini bisa terjadi karena mailbox sudah terlalu lama tidak dibuka atau dihapus.Sampah e-mailBanyak sekali e-mail sampah (junkmail/spam) yang berupa iklan komersial yang tidak kita harapkan.Respon terlambatTidak semua orang membaca e-mail setiap hari sehingga adakemungkinan balasan akan mengalami keterlambatan.
3. Sejarah emailSurat elektronik sudah mulai dipakai di tahun 1960-an. Pada saat itu Internet belum terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan komputer yang terbentuk sebagai jaringan.
Konsep e-mail sendiri pertama kali dikemukan oleh Ray Tomlinson, seorang computer engineer pada akhir tahun 1971. Ray Tomlinson saat itu bekerja pada Bolt, Beranek and Newman (BBN) milik lembaga pertahanan Amerika.
Awalnya Ray bereksperimen dengan sebuah program yang bernama SNDMSG yang bisa digunakan untuk meninggalkan pesan pada sebuah komputer, sehingga orang lain yang memakai komputer itu dapat membaca pesan yang ditinggalkan. Lalu ia melanjutkan eksperimennya dengan menggunakan file protocol yang bernama CYPNET sehingga program SNDMSG tadi bisa mengirim pesan ke komputer lain yang berada di dalam jaringan ARPAnet. Itulah awal terciptanya sebuah ‘e-mail’. Pesan e-mail yang pertama kali dikirim Ray, dan merupakan e-mail yang pertama di dunia adalah “QWERTYUIOP”.
Pada tahun 1972, Ray mengenalkan icon ‘ @ ‘ sebagai identitas e-mail untuk memisah user id dan domain sebuah alamat e-mail, yang berarti “at” atau “pada”.
Contoh alamat e-mail:
• sahrudin : nama kotak surat (mailbox) atau nama pengguna (username) yang ingin dituju dalam mailserver• yahoo.com: nama mailserver tempat pengguna yang dituju, rinciannya:• yahoo: subdomain (milik pemegang nama domain), biasanya merujuk ke suatu komputer dalam lingkungan pemilik domain• com: menunjukkan bahwa domain ini termasuk kategori bisnis/komersial (commercial)
Sebuah alamat e-mail terdiri atas dua bagian seperti contoh di atas, yaitu di sebelah kiri tanda @ disebut user id (paksiman), yang menunjukkan identitas pemilik e-mail tersebut. User id ini dapat berupa nama pemilik, singkatan nama, nickname, nomor, atau apapun juga. Sedangkan teks setelah lambang @ (yahoo.com) disebut domain name/hostname, yang menunjukkan identitas domain tempat e-mail (mail server) tersebut disimpan.
Mulai tahun 1980-an surat elektronik sudah bisa dinikmati oleh khalayak umum. Sekarang ini banyak perusahaan pos di berbagai negara menurun penghasilannya disebabkan masyarakat sudah tidak memakai jasa pos lagi.
4. Cara membuat email yaitu :. Pada browser bukalah YahooMail lalu pilihlah tombol ” sign up”.
2. Pada sebelah kanan atas, pilihlah bahasa yang digunakan, biasanya berpengaruh juga pada nama email. seperti yahoo indonesia :
Yahoo u.s dengan Bahasa inggris:
Pada dasarnya sama saja, hanya nanti konten bahasa yang berbeda.3. Sekarang masukkan nama email Anda, dan tekan tombol “check” untuk melihat ketersediaan nama tersebut.
4. Apabila nama email tersedia, lanjutkan dengan mengisi password email yahoo Anda dan ulangi password Anda pada “Re-type Password” .
5. Apabila Anda mempunyai email lain, bisa mengisinya di pada poin 3, lalu isi juga pertanyaan apabila suatu saat kelupaan password.
6. Isilah kode verifikasi sesuai dengan gambar yang muncul, kode ini bersifat acak jadi tiap pendaftaran selalu berubah-ubah.
7. Centang kolom “Do you agree?” , sebagai tanda Anda setuju dengan persyaratan dari yahoo.
8. Terakhir klik tombol “Create My Account” untuk membuat account Anda.
9. Bila telah berhasil, maka Anda Akan Mendapatkan Ucapan Selamat dari Yahoo seperti dibawah.
Untuk masuk langsung ke email Anda, silahkan klik tombol “continue”
10. Pada Sebelah kanan, klik Tulisan “Mail”
maka email yahoo Anda akan segera muncul…dan selesai.
Oh iya, setiap Anda mau keluar dari email yahoo atau yang lain jangan lupa selalu klik tombol “sign out” atau “logout”, sebagai tanda Anda sudah selesai, dan sebagai keamanan email apabila komputer Anda di pakai oleh banyak orang, atau di tempat umum seperti warnet (Warung Internet).Apabila anda mau membuka email yahoo atau rocketmail lagi tinggal ketikkan pada browser Anda http://mail.yahoo.com/ . Masukkan nama email dan password Anda lalu klik Tombol “sign in” .Jika Anda belum punya Email di yahoo, silahkan langsung di praktekkan saja.
5.Istilah dalam emailIstilah-istilah yang sering digunakan dalam menggunakan e-mail adalah :1. Sign Up : Mendaftarkan diri (menjadi member)2. Sign In : Pemilik e-mail dapat masuk ke e-mailnya sendiri apabila sudah terdaftar (menjadi member)3. Compose : Menulis surat baru4. Inbox : Surat yang masuk ke pemilik e-mail5. To : Surat akan dikirim ke alamat e-mail yang dituju6. CC : Surat dikirim secara berantai ke alamat lain7. BCC : Surat dikirim ke alamat yang dituju tanpa memberi tahu pemilik alamat yang tercantum di alamat CC8. Draft : Surat yang ditulis tapi belum dikirim9. Sent : Surat yang terkirim10. Spam : Surat yang berisi kata-kata yang tidak baik/menganggu11. Reply : Membalas surat yang diterima12. Trash : Melihat e-mail yang telah dihapus13. Bulk : Melihat e-mail yang dicurigai sebagai spam14. Forward : Meneruskan surat yang diterima untuk disampaikan kepada orang lain15. Attachment : Fasilitas pada sebuah program e-mail baik program komputer maupun webmail yang dapat digunakan untuk mengirimkan file, atau gambar, yang di ikutsertakan pada e-mail yang akan di kirim.
Di ambil google ( wartawarga.gunadarma.ac.id/.../pengertian-email-cara-pembuataan-email-baru )



















Bagaimana mendapatkan e-mail dilingkungan ITB

Overview Layanan Email
Email (e-mail, electronic mail) adalah layanan Internet yang paling primitif. Layanan ini digunakan untuk berkorespondensi secara virtual melalui Internet. Keuntungan email adalah kemudahan, murah secara ekonomis, serta kecepatan pengiriman yang sangat tinggi, sehingga pengguna dapat berkorespondensi dengan orang lain yang berada di belahan bumi lainnya dengan cepat dan mudah.Pengguna email memiliki sebuah alamat email (email address) yang menjadi identitas pengguna dalam mengirimkan surat. Contoh alamat email yang akan didapatkan pengguna email adalah fulan@students.itb.ac.id. Pengguna email juga memiliki mailbox (kotak surat) yang dipakai untuk menyimpan surat-surat yang ia terima.Pengiriman dan penerimaan email Internet sebenarnya berdiri sendiri-sendiri. Pengiriman email dilaksanakan oleh sebuah protokol Internet bernama SMTP (Simple Mail Transfer Protocol). Dengan protokol ini email yang anda kirimkan akan disampaikan kepada penerima yang anda tuju. Sementara penerimaan email dapat dilaksanakan oleh salah satu dari beberapa protokol ini, yaitu POP (Post Office Protocol) dan IMAP (Internet Message Access Protocol). Protokol POP dipakai untuk mengambil email yang tersimpan pada mailbox untuk kemudian dibaca dengan menggunakan aplikasi email. IMAP memiliki fungsi yang sama dengan POP, hanya IMAP memiliki fitur yang lebih banyak daripada POP.Pengguna email dapat mengirimkan dan menerima email dengan menggunakan aplikasi email (email client). Aplikasi ini tersedia bagi bermacam-macam sistem operasi komputer. Contoh email client yang sering digunakan adalah Outlook Express, MS Outlook, Eudora, Pine, Mutt, dll.
Apabila pengguna ingin mendapatkan akses email, pengguna harus mengikuti prosedur berikut :
*
Tentukan Unit Akses Jaringan yang anda inginkanAnda harus menentukan tempat dimana anda ingin terdaftar sebagai pemilik account email. Tempat ini dinamakan Unit Akses Jaringan.
*
Hubungi Administrator di Unit Akses JaringanAnda harus menghubungi Administrator di Unit Akses Jaringan bersangkutan dan daftarkan diri anda kepada Administrator. Administrator akan meminta data diri anda dengan cara menyerahkan formulir pendaftaran yang harus anda isi, dan akan memberikan alamat email yang anda inginkan.
*
Membayar biaya bulananSebelum anda bisa menerima/mengirim email, anda harus membayar biaya layanan kepada administrator secara berkala, yaitu sebulan sekali. Besarnya biaya ditentukan oleh Penyedia Jasa.
*
Menyetujui peraturan yang ditetapkan Penyedia JasaAnda harus mengetahui dan menyetujui peraturan-peraturan yang ditetapkan oleh Penyedia Jasa dengan cara membubuhkan tandatangan pada lembar pendaftaran dengan meterai. Peraturan-peraturan ini dapat dibaca pada point 8.
Cara menjalankan aplikasi Email
Untuk mengakses layanan email, anda perlu menyiapkan aplikasi email yang akan anda gunakan. Yang harus anda lakukan adalah mengikuti cara berikut :
· Tentukan aplikasi yang dipakaiTentukan aplikasi email yang ingin anda gunakan berdasarkan kesenangan dan sistem operasi yang anda pakai. Aplikasi email terbagi dalam dua macam sistem operasi, yaitu:
o Windows-basedApabila anda menggunakan sistem operasi Windows (Windows 95/98/ME/2000), maka anda dapat menggunakan aplikasi seperti dibawah ini, yaitu :
§ Outlook ExpressOutlook Express (OE) adalah aplikasi email bawaan sistem operasi Windows 95/98/ME/2000 (pada sistem operasi Win95 dinamakan MS Mail), yang juga dibundel dengan browser Microsoft Internet Explorer (IE).
§ Microsoft OutlookMicrosoft Outlook adalah aplikasi email bawaan aplikasi Microsoft Office. MS Outlook memiliki kemampuan yang jauh lebih banyak daripada OE.
§ Netscape MessengerNetscape Messenger adalah aplikasi email bawaan aplikasi Netscape Communicator, kumpulan aplikasi yang juga berisi browser Netscape Navigator.
§ EudoraEudora adalah aplikasi email buatan Qualcomm.
o UNIX-basedApabila anda menggunakan sistem operasi UNIX-based (FreeBSD, OpenBSD) atau UNIX-like (Linux), maka anda dapat menggunakan aplikasi seperti di bawah ini, yaitu :
§ PinePine adalah aplikasi email ( MUA ) yang dibuat oleh komunitas open source yang berpusat di University of Washington. Pine sangat populer bagi pengguna Unix.
§ MuttMutt merupakan MUA yang kecil dan handal. Secara default sudah bisa mendukung format Maildir. Bagi pemula, Mutt akan terasa agak menyulitkan karena dibutuhkan usaha yang besar untuk merubah konfigurasi defaultnya.
· Mengambil aplikasi yang diinginkanAmbil aplikasi yang anda inginkan. Aplikasi bisa anda dapatkan dengan mengakses FTP server resmi ITB di ftp.itb.ac.id.
· Mengkonfigurasi aplikasiSetelah anda mengambil installer aplikasi, maka anda dapat segera menginstallnya ada komputer anda. Setelah anda install, beberapa setting harus anda konfigurasi terlebih dahulu agar anda dapat mengirimkan email. Dibawah ini adalah konfigurasi agar anda dapat menjalankan email sesuai dengan aplikasi yang anda gunakan.
sumber AI3-ITB
di ambil google ( it.itb.ac.id/email-acc.html?op=modload...emailacc )

0 komentar:

Posting Komentar