Sabtu, 02 Januari 2010

Email

All about Email

google_protectAndRun("ads_core.google_render_ad", google_handleError, google_render_ad);

Apa itu Email ?
Sejarah singkat mengenai email
Apa kelebihan dan kekurangan email
Siapa penyedia email
Cara membuat email
Cara menggunakan email
Cara mengirim email
1. Apa itu Email ?

· Kita telah bahas apa itu internet, dan di dalam internet salah satu fasilitasnya adalah kita dapat mengirim surat melalui internet. Dengan fasilitas tersebut kita dapat mengirim kepada siapa saja [ mereka yang telah memiliki account email juga ] kapan saja dimana saja dalam hitungan detik [ saat send maka dalam hitungan detik sudah sampai di inbox [ kotak surat ] tujuan.
· Email atau e-mail adalah singkatan untuk Electronic Mail, atau dalam bahasa Indonesia berarti surat elektronik. Halaman kamus di Wikipedia Indonesia memberikan sebuah kosa kata baru sebagai singkatan dalam bahasa Indonesia, yaitu surel. Namun dalam tulisan ini saya akan tetap menggunakan kata email karena kita memang familiar dengan kata "email".
· Email dari mulai ditulis, dikirim, hingga diterima dan dibaca semuanya ditangani secara elektronis. Umumnya email dibuat (atau ditulis) menggunakan Mail User Agent (MUA) lebih umum dikenal sebagai Email client), kemudian proses pengiriman ditangani oleh Mail Transfer Agent (MTA) yang sering juga disebut sebagai mail server. MUA juga digunakan untuk membuka dan membaca email kembali.
· Alamat diperlukan dalam proses pengiriman email. Namun tidak seperti alamat surat yang lazim kita gunakan. Sistem pengalamatan pada email menggunakan format identitas dan domain yang digabung menggunakan karakter @ (at, dibaca et). Misalnya email kami adalah servicedcc@yahoo.com. Artinya email bernama servicedcc provider yang digunkaan adalah yahoo.com sehingga alamat lengkap email adalah penggabungan nama dengan penyedia tersebut yang dibatasi oleh char @.
2. Sejarah Singkat mengenai email

· Surat elektronik sudah mulai dipakai di tahun 1960-an. Pada saat itu Internet belum terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan 'mainframe' yang terbentuk sebagai jaringan. Mulai tahun 1980-an, surat elektronik sudah bisa dinikmati oleh khalayak umum. Sekarang ini banyak perusahaan pos di berbagai negara menurun penghasilannya disebabkan masyarakat sudah tidak memakai jasa pos lagi.
· Anatomi Ratel, sebagai contoh:emailsaya@surabaya.vibriel.net.id Keterangan:emailsaya: nama kotak surat (mailbox) atau nama pengguna (username) yang ingin dituju dalam mailserver surabaya.vibriel.net.id: nama mailserver tempat pengguna yang dituju, rinciannya: surabaya: subdomain (milik pemegang nama domain), biasanya merujuk ke suatu komputer dalam lingkungan pemilik domain vibriel: nama domain, biasanya menunjukkan nama perusahaan/organisasi/perorangan (Vibriel) net: second level domain, menunjukkan bahwa domain ini termasuk kategori networking (net) iid: top level domain, menunjukkan bahwa domain ini terdaftar di otoritas domain Indonesia (id).source : wikipedia
· untuk saat ini biasanya sudah tidak menggunakan terlalu panjang cont :username@yahoo.com , username@gmail.com , username@cbn.net.id
3. Apa kelebihan dan kekurangan email

· Kelebihan menggunakan email :- Cepat [ sangat cepat ] karena hanya perlu beberapa menit [ ketik dan send ]- mudah [ karena kita cukup mengetik di komputer ]- multiple send [ dapat mengirim ke beberapa orang sekaligus ]- dapat mengirim file [ attactment seperti file doc, excel, mp3, gambar, video dan lain-lain ]- kapan saja dan dimana saja [ tidak ada perbedaan lokasi dan waktu ]- biaya lebih murah karena internet sekarang sudah mulai agak murah di Indonesia
· Kekurangan menggunakan email :- harus online [ connect ke internet ]- text dan gambar only yang dapat dikirim [ tidak bisa kirim paket / barang hehehe ]- tidak connect internet dan check maka kita tidak akan tahu yang kita kirim sudah dibalas atau belum- harus ingat username dan password- ladang virus juga bagi yang tidak mengerti.
4. Siapa penyedia Email

· ISP setiap kita daftar account untuk berlangganan internet dipastikan kita diberikan minimal satu account email dengan akhiran nama isp tersebut. Misalnya CBN maka namaAnda@cbn.net.id.
· WEB MAIL. Website yang menyediakan fasilitas email, contoh contoh penyedia email terbesar adalah Yahoo mail, Google mail, MSN Mail [ hotmail ] dan masih banyak lainnya dan itu disediakan GRATIS.
5. Cara membuat email

· Salah satu yang akan dibahas adalah cara membuat email dengan menggunakan yahoo email
· Ini adalah halaman yahoo mail saat anda ketik www.mail.yahoo.com
· Apabila kita telah memiliki Account silahkan masukkan username dan password kemudian klik sign in [ masuk ]
· Apabila belum maka kita harus daftar terlebih dahulu yaitu dengan klik di bagian yang bertuliskan SIGN UP
· Setelah diklik SIGN UP maka akan keluar halaman pendaftaran seperti ini isi seluruh field yang disediakan dan biasanya yang bertandan bintang * [ wajib di isi ]. Salah satu syarat isi adalah mengerti bahasa inggris sedikit. Masukkan firstname dan lastname [ nama Anda / bukan id ]yahoo userID [username] yang unik [ nama tersebut akan menjadi alamat email Anda kelak ]masukkan password yang hanya Anda tahu dan mudah di ingat.Isi bagian if you forget your passwordData tersebut digunakan untuk Anda saat Anda meminta password karena lupa.Kemudian dibawah akan muncul sebuah gambar berisikan character dan angka acak [ verify your registration ]. Isikan sesuai dengan urutan tersebut [ yahoo ingin memastikan yang daftar manusia bukan bot :). Setelah selesai klik I Agree.
· Lanjutkan apa yang diperintahkan oleh yahoo.
· Demikian juga untuk mendaftar di web mail gratis lainnya [ Sign up - isi data pribadi - I agree - lanjutkan ]
· Sangat mudah bukan :). Selamat mendaftar
6. Cara menggunakan email

· Dengan cara menggunakan 'browser', seperti Internet Explorer atau Mozilla Firefox. Metode ini disebut sebagai web-based, artinya kita menggunakan media web sebagai perantara ke kotak surat elektronik. Contoh: Yahoo! Mail dan Gmail. Untuk menggunakannya, pengguna haruslah dalam keadaan online. Layanan surat elektronik berbasis web biasanya disediakan oleh penyelenggara layanan email gratis.
· Menggunakan program pengakses surat elektronik (e-mail client), seperti: Eudora Mail, Outlook Express, Mozilla Thunderbird, Mutt. Dengan menggunakan program seperti ini, seseorang harus mengetahui konfigurasi yang bisa didapat dari ISP. Keuntungannya adalah dapat membaca surat elektronik tanpa perlu terhubung secara terus-menerus dengan internet dan puluhan surat elektronik dapat diterima dan dikirimkan secara bersama-sama sekaligus. Kelebihan yang lainnya adalah perangkat lunak ini menyediakan fungsi-fungsi penyuntingan dan pembacaan email secara offline. Dengan demikian biaya koneksi ke internet dapat dihemat.
· Salah satu contoh yang akan dibahas adalah Yahoo mail :Setelah Anda mendaftar yang paling penting adalah cara menggunakan email tersebut
· Yang utama adalah saat Anda ingin menggunakan email Anda harus Login terlebih dahulu atau Sign inIsi username [ id Anda ] dan password kemudian klik sign-in.
· Setelah Anda sign in dan tidak berhasil maka ada text user id salah atau password salah. Apabila Anda lupa dengan password Anda klik forget your ID Password. Masukkan data yang saat Anda isi pertama kali [ harus ngat waktu register Anda isi apa ]. Dan apabila berhasil maka Anda akan masuk ke halaman utama mailbox. Dalam mailbox Anda sebelah kiri terdapat inbox [ email yang masuk ], draft [ email yang disimpan ], sent [ email yang telah terkirim ], bulk [ email yang dianggap spam oleh yahoo, hati hati untuk membuka email tersebut. Apabila tidak jelas dihapus saja jangan dibuka ], dan trash [ email yang telah dihapus dan siap untuk di delete permanent.
· Kliklah Inbox untuk melihat email-email yang telah dikirim orang lain untuk Anda inbox [ 21 ] artinya ada 21 email yang belum kita baca. Dan saat masuk kedalam inbox akan tampil list email-email. Tulisan tebal artinya kita belum pernah membuka [ membaca ] email tersebut. Tulisan biasa artinya kita sudah pernah membacanya. Klik di bagian subject untuk melihat isi email tersebut. Hasilnya seperti ini demikianlah cara membaca email.
7. Cara mengirim email

· Salah satu contoh yang akan dibahas adalah Yahoo mail :Setelah Anda mengetahui cara mendaftar dan cara menggunakan email sekarang saatnya untuk mengirim email
· Klik "compose" untuk mengirim sebuah email
· Setelah clik compose maka akan muncul windows khusus untuk mengirim email
Masukkan to : alamat email tujuan [ usernameteman@yahoo.com ]Dan masukan subject : Title [ perihal , kalimat pokok ]Dan ketik isi dibagian bawahnya apa saja yang ingin disampaikan.
· Untuk mengirim multiple mail maka di bagian to: gunakan koma [, ] sebagai pembatas email 1 dan lainnya
· Untuk mengirim file gambar / mp3 atau file lainnya klik Attachment [ Attach file ] dan masukkan file tersebut.
· Ingat!!Ketik surat Anda di notepad terlebih dahulu setelah itu copy ke bagian isi mail dan klik send saat ingin mengirimnyaHal ini berguna agar saat send gagal Anda tidak perlu mengetik ulang. tinggal ctrl+c [ copy ] dan ctrl+v [ paste ]
· Dan setelah selesai semuaJangan LUPA untuk Sign Out / Log out / Keluar !!! Agar orang lain tidak dapat membaca email Anda.Terima kasih!!
Di ambil dari google ( www.duniacyber.com/.../internet_advance_email.php )




















Tulisan ini merupakan riset pendahuluan yang saya lakukan untuk mendapatkan jawaban langsung dari sampel penelitian mengenai penggunaan email. Responden riset pendahuluan ini adalah 30 dosen-dosen UGM. Terima kasih kepada teman-teman dosen yang telah bersedia menjawab pertanyaan yang saya kirimkan. Jawaban ini akan menjadi dokumen penting dalam menyusun aitem skala pengukur berbasis TPB.Enam pertanyaan terbuka yang dikembangkan untuk mengumpulkan data mengenai keyakinan mengenai penggunaan email, keyakinan normatif yaitu mengenai orang/pihak yang mempenagruhi dosen UGM dalam menggunakan email, dan keyakinan mengenai hal-hal yang mengontrol dalam menggunakan email untuk hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan sebagai dosen UGM adalah sbb.:
a. Apakah keunggulan email dalam mengkomunikasikan informasi yang berkaitan dengan pekerjaan sebagai dosen UGM? (boleh lebih dari satu jawaban)b. Apakah kerugian/kelemahan email dalam mengkomunikasikan informasi yang berkaitan dengan pekerjaan sebagai dosen UGM? (boleh lebih dari satu jawaban)c. Adakah orang-orang yang ikut menentukan pilihan anda untuk menggunakan email dalam mengkomunikasikan informasi yang berkaitan dengan pekerjaan sebagai dosen UGM? (misal: atasan, rekan kerja, dll.). Bila ada, sebutkan (boleh sebanyak mungkin).d. Kadang-kadang, pada saat kita bingung untuk melakukan sesuatu hal, kita melihat orang lain melakukan sesuatu. Dalam menggunakan email untuk mengkomunikasikan informasi yang berkaitan dengan pekerjaan sebagai dosen UGM, siapa sajakah yang anda jadikan model?e. Apakah ada faktor atau kondisi lingkungan yang menyebabkan anda dapat menggunakan email dalam mengkomunikasikan informasi yang berkaitan dengan pekerjaan sebagai dosen UGM?f. Apakah ada faktor atau kondisi yang mempengaruhi anda sehingga anda tidak dapat menggunakan email dalam mengkomunikasikan informasi berkaitan dengan pekerjaan sebagai dosen UGM?
Content analysis dilakukan terhadap sejumlah respon yang diberikan oleh responden. Terima kasih kepada teman-teman yang telah bersedia menjawab pertanyaan saya dalam penelitian tersebut. Hasilnya studi dapat dikategorikan kedalam (1) keuntungan/kelemahan yang merupakan keyakinan mengenai penggunaan email, (2) orang/pihak yang mempengaruhi penggunaan email, dan (3) kondisi yang mendukung/menghambat penggunaan email. Nah, coba deh kita pelajari hasilnya adalah sbb.:
1. Keuntungan dan kerugian menggunakan email:a. Koresponden dan dokumen yang dibicarakan di dalam email dapat terdokumentasi dengan baik.b. Email memudahkan karena dapat diakses di mana saja (dengan mobile devices)c. Dapat mengirimkan file dalam berbagai bentuk maupun ukurand. Memudahkan dalam membangun jejaring dengan para ilmuwan dan praktisie. Kerugian: jika tidak rajin dan teliti mengontrol keluar masuk email maka sering mendapat SPAM
2. Pihak/orang yang mempengaruhi dosen UGM dalam menggunakan email:a. Teman sekerja/seprofesib. Atasan/dekan/supervisorc. Para ilmuwan/penulis artikeld. Lembaga yang akan dihubungi (misalnya: mendaftar email. konferensi. seminar harus pake email)e. Mahasiswa
3. Kondisi apakah yang mendukung/menghambat penggunaan email:a. Waktu: kalau sedang sibuuuuuk sekali mana sempat kirim dan cek emailb. Ada fasilitas: laptop, network yang dapat digunakan setiap saat baik di kantor, di rumah dan dimana saja.c. Kompetensi: awalnya tidak tahu bagaimana cara menggunakan emaild. Ada seseorang yang membantu apabila mengalami masalah dengan email (teknisi/PPTIK)e. Hambatannya: jika koneksi luuuaaammmbat banget sehingga bikin frustasi.
Di ambil dari google ( neila.staff.ugm.ac.id/wordpress/ )

0 komentar:

Posting Komentar