Senin, 04 Juni 2012

TRANSFER


Transfer adalah hal yang terjadi ketika seseorang mengaplikasikan pengalaman dan pengetahuan yang dimilikinya untuk mempelajari atau memecahkan problem dalam situasi baru. Jadi, apabila seseorang mempelajari suatu konsep matematika dan kemudian menggunakan konsep ini untuk memecahkan problem sains, maka dia telah melakukan transfer.

Tipe-tipe transfer

Transfer dekat atau jauh

Transfer dekat terjadi ketika situasinya sama, misalnya situasi belajar di kelas sama dengan situasi di mana pembelajaran sebelumnya terjadi. Contoh lainnya adalah ketika murid belajar mengetik di mesin ketika kemudian menggunakan kemampuannya untuk mengetik keyboard komputer.
Transfer jauh berarti transfer pembelajaran ke situasi yang sangat berbeda dari situasi pembelajaran sebelumnya, misalnya jika murid mendapat tugas paruh waktu di perusahaan arsitektur dan mengaplikasikan apa yang dipelajarinya di pelajaran geometri di sekolah untuk membantu asitek menganalisis problem spasial yang sangat berbeda dengan apa yang murid temui di pelajaran geometri di sekolah.

 
Tanggal: 26 December 2007 10:23:07 Sumber:  SKH Kedaulatan Rakyat JAKARTA (KR) - Saat ini para nasabah Bank Pembangunan Daerah (BPD) yang berada di seluruh Indonesia sudah bisa melakukan setor tunai dan transfer uang di semua kantor cabang BPD yang tersebar di pelosok nusantara dengan gratis. Pasalnya BPD yang tergabung dalam Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda) sudah mempunyai jaringan langsung atau online.

 ”Sekarang dengan adanya BPD Net Online ini, akan mempercepat transaksi nasabah dan para nasabah BPD dapat melakukan setor tunai di seluruh kantor cabang BPD yang ada di Indonesia,” kata Ketua Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbada) Winny E Hasan pada acara peluncuran BPD Net Online di Jakarta, Senin (17/12) Menanggapi peningkatan layanan Bank BPD ini, Ketua Badan Pengembangan Perdagangan dan Jasa Keuangan Yogyakarta, Robby Kusumaharta menyatakan bahwa hal tersebut merupakan langkah yang bagus, dan merupakan titik awal jaringan pelayanan keuangan antar BUMD, sebagai manifestasi dari kerja sama antar daerah dalam konteks mendorong ekonomi masing-masing.

Menurut Winny, saat ini ada 12 BPD yang bisa setor tunai dan sebagai rekening tujuan yakni, BPD Aceh, Bank Sumut, Bank Nagari, BPD Bengkuluu, Bank Jabar, BPD DI Yogyakarta, BPD Kalsel, BPD Bali, Bank NTT, Bank Maluku, BPD Sulsel dan Bank DKI. Sedangkan BPD yang hanya menerima setoran tunai dari BPD lain, Bank Riau, Bank Sumsel, BPD Sultra, BPD Jambi, Bank Kalbar, BPD Kalteng, BPD Kaltim, Bank Sulut, Bank NTB dan Bank Papua. Sedangkan bank yang masih dalam proses adalah Bank Jateng, Bank Sulteng. (Lmg/Rsv)-z


0 komentar:

Posting Komentar