Kamis, 02 Desember 2010

CONTROL STATEMENT.

Control Statement

Selama ini contoh-contoh program yang diberikan kebanyakan dijalankan dengan urutan dari atas ke bawah. Program dijalankan dimulai dari function main ( ) terus ke statement dibawahnya, sampai mencapai akhir dari main ( ). Dalam bahasa C dikenal beberapa statement yang memungkinkan anda mengatur urutan jalannya suatu program.

Statement yang mengatur urutan jalannya suatu program ini dikenal dengan sebutan control statement. Dalam bab ini akan dibicarakn control statement : for loop, if-else statement while loop, do-while loop, switch statement, break statement, continue statement, comma operator, dan goto statement.

For loop

For loop statement adalah salah satu statement untuk looping yang paling sering dipakai dalam bahasa C. [looping adalah pengulangan sekelompok instruksi dalam suatu program sampai suatu kondisi tertentu terpenuhi]. Bentuk umum dari for loop adalah sebagai berikut :

For (initial; condition; increment) statement1

dimana :

initial digunakan untuk memberi harga awal.
condition merupakan kondisi / persyaratan yang harus dipenuhi.
Increment digunakan untuk mengubah harga dari variable yang mengatur loop.
Statement1 berbentuk satu statement apa saja dalam bahasa C yang diakhiri dengan titik koma ( ; ) atau sekelompok statement yang diletakkan diantara tanda kurung kurawal.

Biasanya initial berbentuk assignment statement, condition berbentuk logical expression, dan increment berbentuk unary expression atau assignment statement.

Bila For loop dijalankan, initial hanya di laksanakan sekali, yakni pada saat permulaan; condition akan dievaluasi dan di tes sebelum setiap loop berikutnya, bila condition bernilai salah (false) maka loop akan berhenti; increment akan diubah dan dievaluasi diakhir setiap loop.

Contoh program menggunakan for loop

#include

main ( )
{
int angka;

for (angka=0; angka <= 6; angka ++)
printf (’’\n%d’’, angka);

Perhatikan di dalam program ini initial adalah angka=0, condition adalah angka <=6, dan increment adalah angka ++.


Initial pada program ini memberi harga awal nol ke variabel integer angka dan hanya dilaksanakn sekali saja; condition merupakan kondisi atau persyaratan dimana looping akan dilaksanakan selama variable angka tidak melebihi 6; increment akan menambah 1 harga variable angka disetiap akhir dari for loop.



Output dari program ini adalah sebagi berikut :

0
1
2
3
4
5
6




Contoh program menggunakan decrement operator ( -- ) dengan for loop :

#include

main ( )
{
int mundur;

for (mundur = 6; mundur > 0; mundur --)
printf (’’\n%d’’,mundur);
}










Berikut ini adalah output dari program ini :

6
5
4
3
2
1


Contoh program menghitung dengan increment ditambahkan lima :

#include


main ( )
{
int a ;

for (a = 3; a < 30 ; a = a+5 )
printf (’’\n%d ’’, a) ;
}



For loop disini akan menghitung dengan tambahan 5 setiap loop dengan output sebagai berikut :


3
8
13
18
23
28

0 komentar:

Posting Komentar